16 Ocak 2015 Cuma

Cara Memasarkan Industri Mebel Furniture

Saat ini, banyak sekali perkembangan dan perubahan perekonomian dan industri di negara Kita, khususnya untuk industri mebel furniture. Perkembangan perekonomian di Indonesia cukup pesat, ditambah teknologi yang telah maju. Kondisi dan situasi ini secara otomatis juga akan mendorong perusahaan bidang industri mebel furniture untuk senantiasa berusaha meningkatkan produksinya. Dan sebisa mungkin bisa menjaga kualitas produknya, agar dapat tetap bertahan di tengah pasar yang semakin hari semakin kompetitif. Kompetitor yang semakin banyak adalah cambuk penyemangat untuk lebih kreatif dalam memasarkan industri mebel furniture. Performa dan kinerja perusahaan harus selalu dijaga serta eksistensi melalui kejelian dalam melihat peluang yang dimiliki untuk kemudian memberikan produk-produk yang diminati masyarakat. Hal itulah yang membuat secara umum kunci sukses terpenying dan utama sebuah perusahaan untuk mengatur sektor pemasaran sehingga dapat meraih kesuksesan bisnis mebel furniture.

jual beli mebel furniture
showroom mebel furniture jepara
Perusahaan harus berani dalam menghadapi pesaing dan selalu diharapkan memiliki strategi yang tepat dan kreatif untuk kemudian bisa mencapai tujuan pemasaran perusahaan. Sebuah perusahaan dengan strategi yang baik, selanjutnya harus memiliki suatu kemampuan untuk bisa memfokuskan pelayanan yang terbaik dan tertarget. Sehingga pasar mau memberi ruang untuk mendapatkan produk Kita dan tetap loyal membeli produk mebel furniture dari perusahaan kita. Manajemen perusahaan perlu sekali memperhatikan setiap perubahan yang setiap saat bisa terjadi dalam lingkup bisnis yang mencakup faktor internal dan juga eksternal.

Pada faktor internal yang termasuk adalah kekuatan atau strength, dan kelemahan atau weaknesses. Sedangkan untuk faktor eksternal meliputi peluang atau opportunity dan ancaman atau disebut juga threat. Seluruh elemen yang disebutkan tadi akan menjadi sangat membantu dalam penentuan strategi pemasaran perusahaan ke depan. Sehingga diharapkan bisa sejalan dengan perencanaan strategi manajemen perusahaan. Bila nantinya terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan strategi pemasaran, walau sekecil apapun akanbisa mengakibatkan hilangnya peluang perusahaan untuk mempertahankan dan atau bahkan menurunkan hasil penjualan dan pangsa pasar perusahaan.

Di kota Jepara sendiri, para pengrajin mebel furniture banyak yang mengelola berbagai kerajinan ukir dari kayu jati. Hal ini disebabkan, perusahaan mebel furniture di jepara, kebanyakan pandai dalam berinteraksi untuk meningkatkan produk yang biasa menjadi sebuah produk yang memiliki nilai seni yang tinggi. Kerajinan ukir kayu dibedakan menurut motifnya, sehingga dapat memudahkan para konsumen untuk menentukan pilihan sesuai kebutuhan atau keperluan dan selera masing-masing. Walaupun bahan utama dan pokok yang dipakai dalam pembuatan mebel furniture ukiran adalah kayu jati, tapi mereka mempunyai cara-cara tersendiri sehingga dapat memikat pembeli. Contoh mudahnya dalam hal finishing, ada banyak cara untuk memfinishing mebel furniture jati. Seperti tehnik bakar, plitur, marmer dan sending. Cara-cara atau tehnik itulah yang tujuannya adalah untuk menarik minat para konsumen, meningkatkan nilai dan harga jual, serta memperindah nilai seni mebel furniture dan ukiran. Seiring dengan situasi dan kondisi persaingan yang semakin ketat dengan kompetitor, maka perusahaan perlu sekali bisa menerapkan strategi agar tetap dapat menghadapi persaingan dan bisa selalu eksis di industri kerajinan mebel furniture ukir seperti sekarang ini.

15 Ocak 2015 Perşembe

Inilah 7 Cara Untuk Menjadi Orang Kaya Tanpa Kerja Keras

Menjadi orang kaya adalah impian semua orang di dunia ini. Apalagi kalau bisa kaya tanpa bekerja, pasti dambaan semua insan. Sebenarnya ada banyak cara untuk menjadi orang yang kaya raya. Salah satunya, bekerja keras dari pagi sampai malam hingga pagi hari. Kemudian, sedikit demi sedikit uang hasil bekerja dikumpulkan atau ditabung. Tetapi bekerja keras siang malam dan mengumpulkan uang saja belum cukup. Untuk menjadi kaya, seseorang juga harus pintar mengatur finansial dengan sebaik-baiknya. Jika tidak, maka bisa saja uang yang didapat hanya akan lewat begitu saja dari kantong seperti daun kering yang tertiup angin. Ada satu hal yang sebetulnya adalah kunci yang sangat penting, yaitu faktor keberuntungan. Masalahnya apakah kunci yang bisa mengantarkan orang menjadi kaya tersebut bisa Kita temukan atau tidak.

orang kaya banyak duit
ilustrasi orang kaya
Berikut adalah cara yang bisa kita cari dan temukan untuk menjadi kaya tanpa kerja keras.

1. Menjadi pewaris harta kekayaan keluarga kaya raya

Jika Anda dilahirkan di keluarga kaya, kemungkinan besar Anda juga akan ikut kaya. Jadi yang harus Anda lakukan adalah memperlakukan orang tua Anda dengan baik dan hormat serta menyenangkan hati mereka sehingga suatu hari Orang Tua Anda akan membuat Anda menjadi kaya seperti mereka. Tidak hanya dari orang tua, mempunyai keluarga yang kaya memungkin Anda untuk dapat mengumpulkan pundi-pundi uang atau emas dari anggota keluarga lainnya seperti paman atau bibi Anda. Bukan tidak mungkin mereka tidak mempunyai keturunan lalu akan mewariskannya kepada Anda, sesuatu hal yang mungkin bukan?

2. Membeli barang-barang antik

Jika suatu ketika Anda berjalan melewati sebuah toko yang menjajakan barang-barang bekas atau antik, ada baiknya Anda berhenti dan mampir dulu. Siapa tahu, Anda menemukan barang seperti guci kuno lalu kemudian Anda jual lagi ke kolektor barang antik dan mau membeli dengan harga 1000%. Atau mungkin Anda membeli sebuah lampu seperti kepunyaan Aladdin di pasar loak, lalu tiba-tiba keluar jin dan akan menuruti segala permintaan Anda. Siapa tahu kan? :)

3. Isi survei 24 jam

Percaya atau tidak, bahwa terdapat situs resmi di internet di mana Anda hanya disuruh duduk selama 24 jam hanya disuruh untuk mengisi berbagai macam survei. Dari sini, Anda dapat menghasilkan sedikit uang hanya dengan duduk dan mengisi survei yang diinstrusikan. Caranya, hanya dengan memasukan email Anda dan memberikan informasi pribadi. Coba saja!

4. Membuat channel atau akun di Youtube

Ada beberapa orang yang mempunyai saluran di Youtube dan bisa meraup uang miliaran. Anda boleh percaya, setengah percaya, atau tidak percaya sama sekali. Tapi ini benar-benar ada dan nyata. Bayangkan hanya dengan mengupload atau mengunggah video ke youtube, Anda bisa mendapatkan bayaran yang diatas rata pekerja umumnya. Tapi Anda mesti dituntut kreatif atau lucu atau up to date mengirim video-video yang sekiranya banyak disukai orang. Dengan video anda ditonton jutaan orang, maka jutaan uang akan Anda dapatkan. Tentu ada trik-triknya dan tentunya harus extra sabar. Karena ini tidak semudah yang Anda bayangkan, tapi tidak salah jika Anda mencobanya.

5. Belilah detektor logam

Hmmm... cara yang ke 5 ini mungkin agak nyeleneh, tapi perlu dicoba juga. Jika Anda mempunyai banyak waktu, ada baiknya Anda mencoba menghabiskan waktu dengan pergi ke luar ruangan, bisa ke pantai, sungai, atau TPA (tempat pembuangan akhir). Jangan lupa bawalah detektor logam yang sudah Anda beli tadi, siapa tahu dengan alat tersebut Anda bisa menemukan barang berharga seperti emas, permata, atau perhiasan lain. Atau bahkan hanya menemukan paku, janga berkecil hati, kumpulkan paku-paku bekas itu sampai sekiranya Anda jual lagi dengan harga yang tinggi, sehingga bisa membuat Anda menjadi kaya.

6. Menang lotere

Cara ini mungkin tidak berlaku di negara Kita. Meskipun ada, di Indonesia pun termasuk perbuatan ilegal, jadi sebisa mungkin dihindari saja, daripada Anda bisa tersandung masalah. Tapi tidak ada salahnya jika Anda coba saat sedang di negara tetangga yang memperbolehkan pasang nomor atau angka undian lotere. Sampai sejauh ini, mengikuti lotere merupakan sebuah cara termudah untuk membuat orang menjadi kaya. Akan tetapi, perlu keberuntungan yang ekstra agar Anda mendapatkan kejutan tersebut.

7. Menikahlah dengan orang kaya

Ini adalah cara yang paling Saya pribadi sukai, :). Atau mungkin Anda juga menyukai cara yang satu ini, hehehe. Jelas sekali dibanding dengan hal diatas, cara ini merupakan cara yang paling malas untuk menjadi kaya, tapi tunggu dulu. Cara yang satu ini tidak diragukan lagi keampuhannya. Sudah banyak buktinya. Mulai dari orang awam, kalangan artis, hingga para pejabat, ada saja yang terkena kasus seperti ini.

Nah, itulah 7 Cara Untuk Menjadi Orang Kaya Tanpa Kerja Keras yang mungkin bisa jadikan pertimbangan. Cara-cara diatas ada yang sudah berhasil dilakukan orang, ada juga yang belum. Tapi pada dasarnya kekayaan di dunia adalah tidak kekal alias sementara, masih ada dunia lain yang akan Kita temui, jadi alangkah baiknya jika kita bisa menyikapinya secara bijaksana.

10 Kebiasaan Yang Membuat Orang Jadi Kaya dan Sukses

Bagaimana sih agar bisa kaya raya dan sukses? Pertanyaan ini pasti adalah pertanyaan paling sering dilontarkan orang pada umumnya. Seseorang yang sukses biasanya dikaitkan dengan kaya, jadi kekayaan adalah sumber kesuksesan menurut sebagian orang. Hampir semua orang ingin hidupnya kecukupan (baca: kaya). Mau apa aja bisa terlaksana, mau ini mau itu keturutan. Dan hampir 99% orang didunia ini ingin hidupnya kaya raya dan sukses.

banyak uang kaya raya
ilustrasi banyak uang
Seseorang yang sukses secara financial biasanya memiliki cara berpikir, cara berbicara, sikap, dan perbuatan yang "semau gue". Ini mungkin tidak terjadi pada orang kaya semua, tapi di beberapa tempat pasti Kita akan menemukan orang kaya yang karakternya seperti itu. Itu mungkin hal yang lumrah, asal masih sebatas norma-norma kemanusiaan. Akan tetapi jika sudah melebihi batas, pasti ada sebagian orang yang benci dan muak. Shingga orang-orang disekelilingnya terpaksa mengucapkan sumpah serapah. Bahkan ada juga orang yang berpikiran mau menyaingi kekayaan dan kesuksesannya agar bisa membalas dendam. Hal inilah yang sebaiknya dihindari.

Jika Kita memang ditakdirkan punya uang lebih ya disyukuri, dan jika kita ketemu orang kaya yang semena-mena dan tidak manusiawi, cukup didoakan saja agar cepat sadar dan insaf. Di bawah ini ada tips penting bagi Anda yang ingin menjadi orang kaya yang sukses mendadak. Tips ini tentang kebiasaan-kebiasaan dan cara biar jadi kaya dan sukses. Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat orang menjadi kaya dan sukses.

1. Kebiasaan Networking
Networking dalam bahasa globalnya adalah jaringan. Jaringan yang dimaksud disini berarti link atau relasi anatar sesama manusia. Salah satu yang bisa membuka jalan meraih kesuksesan adalah dengan jalan silaturahmi atau jika dalam istilah bisnis disebut networking. Manusia sejatinya adalah makhluk sosial yang selalu butuh komunikasi antar sesama. Artinya tidak bisa tidak, mau tidak mau, harus berkomunikasi. Manusia tidak bisa hidup sendirian saja, perlu orang lain untuk berinteraksi dan selalu membutuhkan orang lain.

2. Kebiasaan Bangun Lebih Pagi
Apabila Anda berpikir bahwa pagi hari adalah hanya suara kicau burung dansinar matahari yang masuk melalui pintu dan jendela rumah, Anda salah besar. Pada hakikatnya, pagi adalah masa depan kita, pagi merupakan salah satu elemen yang menyusun kehidupan. Terlepas dengan cara apa Anda mengisi pagi hari, semuanya adalah kekuatan yang bisa mengantarkan masa depan yang lebih baik. Di pagi hari Kita akan menemui banyak hal yang luar biasa, Anda bisa berolah raga, membaca koran, menyusun agenda kerja, menyapa tetangga, beribadah, membereskan rumah atau sekedar membuat secangkir kopi dan atau mendengarkan lagu, itu semua membuat Anda menjadi seseorang yang tidak selalu tertinggal.

3. Kebiasaan Menetapkan Tujuan
Tujuan adalah irama jiwa yang positif, dengan Kita mempunyai tujuan (baca; cita-cita) Kita bisa senantiasa berikhtiar. Bayangkan jika Kita hidup tanpa tujuan, pasti kemana-mana akan nyasar. Nyasar dalam arti tidak ada semangat menemui keinginan yang kita harapkan. Cita-cita yang selalu Kita ucapkan sedari kecil, terkadang juga Kita tuliskan dalam buku catatan, terngiang dalam lamunan, atau mimpi-mimpi kecil sebelum tidur, adalah asa dan harapan yang mesti Kita kobarkan. Jangan sampai cita-cita atau tujuan kita berhenti ditengah jalan, Usahakanlah semampuinya untuk meraihnya, karena tujuan adalah jalan untuk meraih keberhasilan.

4. Kebiasaan Berinovasi
Janganlah selalu berkecil hati, dengan mengatakan bahwa Anda tidak memiliki kelebihan sama sekali atau bahkan selalu berargumen banyak kekuragan. Kadang kita dipuji oleh orang, tapi karena kita berkecil hati, maka kita akan beralasan utuk menolaknya. Bahkan orang yang suka berkecil hati, jika dipuji dia akan bilang "ini karena keberuntungan". Perlu diingat, keberuntungan tidak mudah didapat. Keberuntungan diberikan pada orang-orang yang mau berinovasi. Kegagalan itu karena kita sudah mencoba (baca: berinovasi). Tapi kalau akhirnya berhasil dan sukses, berarti 95% karena kemampuan Anda dan 5% karena keberuntungan.

5. Kebiasaan Berdoa
Ora et Labora adalah bahasa latin, dan jika diterjemahkan berarti, “berdoa dan bekerja”. Kesuksesan memang tidak dijaminkan, namun dengan berdoa dan bekerja sudah tentu merupakan suatu pengharapan. Seseorang yang berdoa tidak akan merasakan individualisme bisa menguasai dirinya. Oleh karena itu, konsep berdoa merupakan konsep perkawanan dengan asa atau harapan. Seseorang yang beragama dan suka berdoa, beranggapan bahwa mereka tidak sendiri karena ada Tuhan mereka  yang akan selalu menemaninya.

6. Kebiasaan Melakukan Sesuatu Sesegera Mungkin
Manusia memang bukan mesin atau robot yang akan langsung mengerjakan sesuatu setelah diperintah. Akan tetapi ingatlah satu hal, menunda pekerjaan berarti menumpuk atau menambah pekerjaan. Semakin bertumpuk berarti semakin bertambah. Lama-lama Anda akan semakin bingung bagaimana menyelesaikan pekerjaan tersebut.

7. Kebiasaan Melakukan Introspeksi
Bagaimana Anda berpikir untuk menentukan sesuatu? Bagaimana Anda bertindak dan bergerak menjalaninya? Jika Anda merasa tidak penting, maka Anda dianggap menjadi tidak penting di mata orang lain juga. Kita bis mengenali diri melalui potensi yang Kita miliki dan juga kekurangan dan kelemahan yang harus diperbaiki.

8. Kebiasaan Tepat Waktu
Apakah Anda termasuk orang yang sering menghamburkan waktu? Waktu adalah kunci keberhasilan. Kunci untuk membuat semua agenda Anda berjalan dengan lancar tanpa halangan. Tepat waktu walaupun itu sulit dan sangat susah, harus bisa dilakukan. Karena itu adalah konsekuensi dengan apa yang akan Anda rencanakan. Dengan Anda menghargai waktu dengan cara tepat waktu, berarti Anda telah menjadi seseorang yang bertanggung jawab atas apa yang telah Anda janjikan.

9. Kebiasaan Berderma/sedekah
Banyak orang berpikir dengan memberi (baca: sedekah) akan mengurangi apa yang Ia miliki. Secara toeori memang berkurang, tapi secara kepuasan bathin akan bertambah. Orang yang mengurangi sebagian kepunyaanya untuk membantu sesamanya yang lain walau orang tersebut tidak pernah meminta, adalah orang yang tidak pernah miskin atau fakir. Dengan berderma, Anda seolah-olah sedang menanam sesuatu yang baik untuk diri Anda dan masa depan yang sedang Anda perjuangkan untuk kemudia Anda petik diwaktu yang akan datang. Dengan bersedekah, nama baik Anda dan keluarga Anda akan selalu dilindungi oleh orang banyak.  Tidak percaya, coba saja!

10. Kebiasaan Penurut
Pengetahuan manusia itu mungkin bisa menjadi tanpa ukuran dan tanpa batas. Tapi kadang malah dipersempit dengan rasa sok tahu dan selalu merasa lebih tahu. Tidak ada orang yang lahir didunia dan tumbuh dewasa, kemudian menjadi kaya raya dan sukses juga masyur tanpa bantuan dan ilmu orang lain. Seorang yang sukses biasanya mempunyai panutan yang selalu diturutinya. Entah itu guru, teman, sahabat, keluarga, bahkan mungkin dukun/paranormal. Menjadi penurut terkadang akan bisa menyelamatkan sekaligus memberi keuntungan.

Semoga informasi Kebiasaan Yang Membuat Orang Jadi Kaya dan Sukses ini bisa bermanfaat bagi Kita.

Info Bisnis, Cara Membangun Sebuah Citra Produk

Setiap orang yang berprofesi sebagai pengusaha, pasti mempunyai keinginan agar produknya dapat diterima masyarakat. Dan bila dilihat secara moril produk atau bisnis, dapat memberi keuntungan serta memberikan manfaat bagi banyak orang. Juga kalau bisa dapat memberikan dampak yang positif bagi pengembangan karakter pada setiap masyarakat secara luas dan dalam jangka panjang.

kacang garuda food
ilustrasi produk kacang kemasan
Positioning bisa diartikan sebagaimana suatu produk bisa lebih menonjol jika dibanding dengan produk-produk lainnya. Bagaimana jika posisi Anda di benak para konsumen ilmu marketing, copywriting dan desaining adalah suatu segitiga yang saling menghubungkan dan mempengaruhi satu sama lain. Sementara marketing adalah suatu hal tambahan yang bisa dijadikan elemen utama dalam proses copywriting serta desain. Anda mungkin tidak bergelut dalam marketing dan hanya bergelut di desain visual dan komunikasi, tetapi Anda juga harus paham dasar-dasar sebuah proses marketing. Desain mungkin akan dipengaruhi oleh pesan dan image dari perusahaan yang diminta klien atau memang dari keinginan Anda sendiri. Tapi seberapa banyak dari pesanan dan iklan yang Anda terbitkan mampu bertahan dalam benak para konsumen? Tentunya tidak banyak bukan? Inilah yang nantinya akan mempengaruhi kinerja perusahaan selanjutnya.

Jadi, sebaiknya kita juga memikirkan apa dampak yang paling negatif bila kita tanpa pertimbangan matang membuat kebijaksanaan pada suatu produk atau bisnis kita. Tentu dampak yang termasuk membuat tagline, desain, nama produk atau bentuk bisnisnya secara umum. Ini yang banyak perusahaan lupa, dan yang perlu diingat apa dampaknya bagi masyarakat secara luas. Sebenarnya pengaruh positif bagi masyarakat jika kita membangun suatu produk yang benar-benar kita ciptakan dengan tagline, desain bagus, nama, karakter atau tujuan yang lebih positif. Baik dari sisi pilihan terhadap citra produk yang ingin ditonjolkan maupun cara memberikan informasi ke masyarakat tentu harus Kita pertimbangan secara matang dan terencana.

Darimana Kita memulai membangun citra atas suatu produk? Tentu saja banyak pilihan sesuai dengan potensi dari suatu produk yang ingin Kita tonjolkan. Dibawah ini ada beberapa contoh pilihan untuk memulai membangun suatu citra produk yang baik dan berkualitas.

1. KUALITAS PRODUK
Banyak dari pengusaha yang hanya membangun citra dari sisi kualitas produknya saja, hal ini memang tidak salah, tetapi di dalam suatu persaingan sehat dengan para competitor lainnya tidak menutup kemungkinan akan Kita dapati dua produk atau lebih yang mempunyai kualitas yang sama. Hal ini berarti PR bagi Kita untuk berfikir lagi citra produk secara positif.

2. SERVICE / PELAYANAN
Pelayanan yang bagus, ramah, cepat dan tepat akan membantu menarik proses positioning terhadap citra produk yang akan kita tampilkan dan tonjolkan. Service atau pelayanan yang tidak memuaskan dari customer service akan berakibat timbulnya sebuah citra negative di benak para konsumen atas produk yang kita tawarkan nantinya. Oleh karena itu, cara menyikapinya bisa dengan jurus 3S. Apa itu? Yaitu senyum, salam dan sapa, ketiga ini jangan sampai lupa dalam melayani para konsumen

3. HARGA
Pelayanan yang bagus seperti yang disampaikan diatas pun kadang masih terkendala dengan adanya pilihan harga lebih murah dari para competitor yang berani menawarkan kualitas produk dan pelayanan yang sama dengan produk-produk kita. Penentuan harga penjualan atas suatu produk tidak hanya ditentukan oleh sisi biaya produksi saja, tetapi harus terlebih dulu dilihat dan dikaji dari sisi psikologis konsumen. Setelah itu baru sisi daya beli konsumen, lalu sisi harga dari competitor, baru kemudian sisi kualitas produknya.

4. SEGMENTASI PASAR
Membangun positioning terhadap sebuah produk juga perlu adanya segmen dari calon konsumen kita yang Kita twari produk. Penanganan konsumen tidak serta merta bisa dipukul rata, jika produk kita hanya spesifik dan hanya diperuntukkan untuk segmen pasar tertentu saja. Kesalahan mengindentifikasi kelompok konsumen atas suatu produk akan mengakibatkan kurang kuatnya citra produk yang akan Kita positioningkan.

5. KARAKTER PRODUK
Sebuah produk dapat dipositioningkan kepada konsumen melalui suatu karakter yang dibangun oleh perusahaan. Para konsumen akan melihat suatu produk dari karakter yang ditampilkan oleh produk tersebut itu. Ada 2 karakter yang bisa kita cermati, yaitu karakter yang bersifat fisik dan karakter yang bersifat abstrak. Karakter yang sifatnya fisik akan mudah dilihat oleh para konsumen. Sedangkan karakter yang mempunyai sifat abstrak akan menggambarkan karakter yang subyektif berdasarkan persepsi para konsumen.

6. MERK PRODUK
Positioning melalui sebuah merk ini yang sebenarnya paling sering digunakan oleh perusahaan dan telah dikenal dengan istilah Brand Positioning. Jika Kita mencermati, dalam dunia bisnis yang menentukan positioning suatu brand atau merk adalah added value dan imej apa yang bisa diberikan kepada para konsumen. Tujuan dari Positioning Merk adalah menempatkan merk ke dalam pikiran para konsumen untuk memaksimalkan manfaat yang paling potensial untuk perusahaan. Positioning merek yang baik dan bagus akan membantu dan memandu strategi pemasaran dengan cara memperjelas esensi merk tersebut.

Demikianlah informasi bisnis dalam cara membangun sebuah citra produk. Semoga ini bisa menambah informasi dan bisa diterapkan pada perusahaan kita sehingga nantinya akan bisa meningkatkan penjualan produk.

14 Ocak 2015 Çarşamba

Cara Membeli Kayu Perhutani

Perum Perhutani merupakan Badan Usaha Milik Negara di Indonesia yang memiliki tugas dan juga wewenang untuk menyelenggarakan perencanaan, pengurusan, pengusahaan dan perlindungan hutan dalam wilayah lingkup kerjanya. Sebagai sebuah perusahaan BUMN, Perum Perhutani mengusahakan pelayanan untuk kemanfaatan secara umum dan sekaligus memupuk sebuah keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan sebuah perusahaan.

kayu jati gelondong perhutani
ilustrasi kayu jati gelondong
Perhutani adalah sebuah singkatan, yang merupakan kepanjangan dari kata Perusahaan Hutan Negara Indonesia. Sudah sejak dulu Perum Perhutani dikenal oleh sebagian besar masyarakat khususnya masyarakat daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang berprofesi sebagai pengrajin mebel furniture. Sebagai perusahaan milik negara yang bergerak dibidang kayu atau lebih luasnya di bidang kehutanan, Perhutani adalah penghasil sekaligus penjual kayu yang hingga sampai saat ini, masih tercatat sebagai salah satu perusahaan negara yang menjual kayu terbesar di Indonesia. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya volume atau jumlah kayu yang mampu dihasilkan dan dijual oleh perhutani di setiap periodenya.

Perum Perhutani sekarang ini berupaya meningkatkan layanan sistem penjualan kayunya. Perusahaan yang bergerak di bisnis kayu atau hutan ini, akan meluncurkan lelang kayu dengan menggunakan cara yang baru. Tidak sedikit dari masyarakat yang belum mengetahui bagaimana tata cara membeli kayu melalui perhutani. Banyak diantara masyarakat yang beranggapan bahwa proses pembelian kayu di perhutani sangatlah rumit dan menyita waktu. Sehingga pada akhirnya banyak pembeli kayu yang terpaksa membeli ke para pengepul. Tentunya jika membeli dari para pengepul, harga pasti akan jauh lebih mahal dari Perhutani sendiri.

Sebenarnya ada beberapa cara membeli kayu dari perhutani, yaitu :


1. Pembelian Secara Kontrak

Membeli kayu secara kontrak dilakukan untuk volume kayu di atas 200 m3. Untuk cara pembelian kontrak, pembeli harus mengajukan rencana kontrak terlebih dahulu untuk pembelian kepada Kepala Unit melalui Kepala Biro Pemasaran Unit I di Semarang Jawa Tengah.


2. Pembelian Langsung

Cara ini diberlakukan pada pembelian dengan volume kayu kurang dari 200 m3. Untuk melakukan pembelian kayu dari Perhutani secara langsung, pembeli dapat langsung berhubungan dengan General Manager KBM SAR Kayu. Di Jawa Tengah KBM yang melayani penjualan kayu, yaitu di daerah Tegal dan Wilayah Cepu.


3. Pembelian Melalui Lelang Konvensional

Lelang konvensional dilakukan setiap 2 kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Senin dan Kamis saja. Ada 3 kota yang ditunjuk sebagai tempat lelang di wilayah Jateng dan DIY. Kota tersebut yaitu Solo, Yogyakarta, dan Semarang. Jadwal pelaksanaan lelang pada setiap bulannya ditayangkan di surat kabar lokal, atau bisa juga menghubungi Kantor pemasaran Kayu terdekat untuk meminta info selengkapnya.


4. Pembelian Melalui Lelang Online

Cara pembelian kayu secara lelang ini termasuk cara membeli cara baru. Lelang online bisa dilaksanakan setiap waktu. Caranya yaitu, peminat dapat mengakses di website www.ipasar.co.id dan mendaftar sebagai anggota (pendaftaran tidak dipungut biaya). Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi, Perhutani juga bekerjasama dengan PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) untuk menghandle lelang kayu secara online.

Demikian informasi cara membeli kayu dari perhutani untuk para pekerja mebel furniture dari kayu jati. Semoga informasi ini bisa menjadi pencerahan untuk mendapatkan kayu dan berbisnis kayu secara legal dan halal.

7 Ocak 2015 Çarşamba

Cuaca Ekstrim Mengganggu Usaha Offline Dan Online

Ini mungkin terjadi pada semua pekerja yang saya kenal maupun tidak. Hujan yang terjadi secara terus menerus, mau tidak mau bisa menjadi masalah. Walaupun sebenarnya hujan adalah rejeki untuk para petani dan pekerja yang dibidang air. Hujan memang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan. Cuaca ekstrim yang melanda beberapa daerah di Indonesia pada awal januari, adalah hal yang sering dan lazim. Kita sebenarnya tidak harus bingung lagi, karena terjadi setiap tahun dan berulang-ulang. Masalah atau problem yang muncul yang paling utama adalah banjir.

hujan banjir cuaca extrem
ilustrasi hujan banjir
Banjir memang bisa terjadi kapan saja, lebih-lebih di musim penghujan. Seperti pada januari 2015 ini, berita banjir sudah banyak ditayangkan di televisi nasional. Hal ini pasti bisa mengganggu para pekerja offline atau pekerja nyata yang memang banyak dilakukan oleh warga masyarakat. Bagaimana dengan para pekerja Online, apakah bisa mengganggu?

Untuk pekerja online, banjir memang mungkin tidak mengganggu secara total. Kenapa, karena jika saat banjir kita masih bisa online walupun mungkin dilakukan diatas genting, hehehe. Pekerja online tetap bisa bekerja dan berbeda dengan para pekerja offline yang biasanya jalan terputus akibat banjir. Tapi yang perlu diwaspadai adalah sinyal internet. Dalam cuaca ekstrem bisa juga berdampak pada usaha online lho. Sinyal susah atau bahkan putus sama sekali adalah momok para onliners.

Ada satu lagi masalah para pekerja online di musim penghujan atau cuaca ekstrem. Apakah itu? MASALAH LISTRIK. Ya, masalah yang satu ini adalah masalah klasik yang istilahnya sudah mendarah daging. Mati lampu merupakan hal yang cukup ditakuti selain signal hilang hilang. Apalagi kebanyakan para pekerja online, alat tempurnya yaitu laptop, hp, dan tablet, banyak yang sudah bocor alias batere bermasalah. Pasti masalah listrik ini sudah banyak ditemui, sehingga seharusnya sudah ada cara untuk mengatasinya, mungkin dengan nebeng ke tempat tetangga yang punya genset, atau gedung pemerintah yang tetap teraliri listrik.

Nah, itulah beberapa masalah yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrem yang bisa berdampak pada usaha offline dan online. Semoga kita bisa senantiasa dijauhkan dari masalah hidup, dan tetap tawakkal dan berusaha juga berdoa untuk bisa mendapat rejeki yang halal, amin.

Istilah Asing Dalam Tehnik Mengukir Kayu

Berikut adalah beberapa istilah dalam membuat ukiran kayu jati, mahoni, dan sebagainya.

Carving
Carving adalah seni chipping dan cara memotong pada bagian datar dari pada kayu untuk membuat ukiran agar terlihat atau tampak menjadi tiga dimensi. Teknik seperti ini sering dilakukan dengan menggunakan alat kerja seperti palu, dan pahat ukir. Walaupun sering digunakan untuk memperjelas detail, dalam ukiran relief, pengrajin ukiran dari kayu biasanya membuat gambar terlebih dahulu, baru kemudian mulai mengukir kayu sehingga tampak bagian yang timbul seperti relief 3 dimensi.

ukiran jepara model relung
ukiran jepara model relung
Chip Carving
Teknik ukiran Chip Carving biasanya digunakan pada bilah potongan kayu yang lebih besar dari pekerjaan mengukir, seperti akar atau bonggol (bongkot: jawa) pohon atau kayu. Tehnik ini biasanya menggunakan kapak (prekul: jawa) dan pahat yang cukup besar. Teknik ini untuk membuat ukiran dengan bentuk yang besar, seperti patung, anatomi manusia, hewan, dan lai sebagaianya, ini melibatkan proses yang cukup panjang dan rumit.

Pembakaran kayu
Tehnik pembakaran kayu adalah teknik dimana pengrajin ukir menambah desain tambahan untuk finishing kayu. Tetapi beberapa pemahat ukiran kayu benar-benar menggunakan metode pembakaran hanya untuk mengukir kayu model kecil saja. Ukiran kayu yang dibakar akan berwarna gelap atau menghitam di sekitar ukiran pada bagian akhir finishing, dan akan memperjelas kesan sehingga tampak lebih hidup.

Mengerik
Tehnik mengerik adalah salah satu cara tertua dari beberapa tehnik diatas. Cara ini juga yang paling sederhana dalam teknik mengukir kayu. Teknik ini hanya melibatkan tidak lebih dari sepotong kayu dan pahat ukiran kayu. Berlatih tehnik ini ternyata cukup susah dan rumit, walaupun tampaknya sangat mudah. Bagi pemula, untuk membuat ukiran kayu dari teknik ini, dapat menghabiskan waktu minimal satu jam atau bahkan bisa lebih, tergantung ukuran ukiran kayu tersebut. Dalam banyak kasus yang terjadi, pengrajin ukiran kayu yang sudah terampil dan ahli, dapat menggunakan pahat dengan ukuran paling kecil untuk memperjelas detail dari ukiran kayunya.